Ingin Cari Kontrakan Yang Ideal Untuk Perantau? Simak Tips Berikut

Merantau di Jakarta adalah salah satu cara orang untuk bertahan hidup dengan bekerja di ibukota. Ketika merantau, tentu saja harus memiliki tempat tinggal yang layak agar bisa betah. Jika Anda ingin tinggal di daerah Jakarta timur, akan sangat tepat bila memilih kontrakan bulanan Jakarta Timur dan sekitarnya.

Dalam memilih kontrakan yang ideal, tentu Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Ini agar Anda bisa menemukan kontrakan yang benar-benar tepat dan juga nyaman saat ditempati apalagi jika berencana untuk tinggal dalam waktu yang cukup lama.

1. Sesuaikan Kemampuan

Untuk memilih kontrakan yang tepat bagi anak rantauan yaitu dengan menyesuaikan pada kemampuan Anda. Misalnya Anda masih single, untuk mengurangi biaya kontrakan yang terlalu mahal maka bisa memilih kontrakan yang memiliki satu atau dua kamar saja.

Anda juga bisa memilih untuk sharing rumah kontrakan bersama teman perantauan atau teman lainnya. Hal ini juga sangat tepat agar bisa mengurangi biaya kontrakan yang terlalu mahal. Apalagi jika memilih untuk mengontrak di pusat kota, tentu saja biaya yang harus dikeluarkan suka mahal.

Lalu selesaikan juga kemampuan dengan fasilitas yang diberikan. Semakin lengkap fasilitas kontrakan tentu saja biaya mengantar aku juga akan jauh lebih mahal.

2. Lokasi Menentukan Biaya Sewa

Dalam mencari kontrakan untuk anak perantau, maka lokasi berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan. Semakin strategis lokasi rumah tersebut maka akan semakin mahal biaya sewa. Apalagi jika memilih kontrakan yang dekat dengan jalan raya atau aksesnya mudah dijangkau, Anda akan mengeluarkan biaya lebih banyak dibanding kontrakan di pinggiran kota.

Namun kontrakan di lokasi yang strategis tentu saja ideal untuk ditempati. Apalagi bagi Anda yang memiliki aktivitas padat, jadi membutuhkan akses yang mudah ke rumah dan keluar rumah. Maka dari itu sangat penting menyesuaikan pilihan tempat tinggal dengan kemampuan.

3. Ketahui Lama Waktu Sewa

Selanjutnya ketika memilih kontrakan bagi perantau maka anda juga harus mengetahui berapa lama waktu menyewa. Jika baru mencoba untuk tinggal di area baru, maka bisa memilih untuk mengontrak dengan sistem bulanan.

Namun bisa juga memilih untuk mengontrak per 6 bulan atau langsung setahun. Anda tentu bisa menyesuaikan dengan biaya yang dimiliki yang harus dikeluarkan. Namun biasanya semakin lama waktu menyewa maka akan semakin hemat dan efisien biaya yang harus dikeluarkan.

4. Kondisi Rumah Sewa Dan Fasilitas

Sangat penting juga untuk mengetahui bagaimana kondisi rumah sewa dan fasilitas yang ada. Pastikan untuk memilih rumah yang nyaman untuk ditempati dengan melakukan survei terlebih dahulu terhadap kondisi rumah tersebut. Lihat bagaimana kondisi rumah tersebut, apakah pada bagian-bagian rumah yang butuh renovasi perhatikan bagaimana saluran pembuangan airnya.

Untuk fasilitas di sekitar rumah juga sangat penting diketahui. Misalnya rumah harus dekat dengan berbagai fasilitas publik yang memudahkan anda dan membantu dalam kondisi darurat. Misalnya rumah harus harus dekat dengan tempat ibadah, Puskesmas, sekolah dan juga transportasi publik.

Usahakan kontrakan yang Anda pilih mudah diakses, minimal oleh kendaraan roda dua. Atau bisa juga memilih kontrakan yang dekat dengan jalan raya untuk membantu memudahkan aktivitas Anda.

5. Bukan Kawasan Banjir

Untuk yang berencana mengontrak dalam waktu lama maka sebaiknya pilih kontrakan yang bebas banjir. Apalagi jika Anda memilih untuk merantau di Jakarta, ada beberapa daerah yang memang sudah jadi langganan banjir di sana. Banjir yang terjadi tentu cukup merepotkan.

Karena jika banjir sudah sampai masuk ke dalam rumah, tentu mengharuskan anda untuk mengisi. Pilih daerah atau kawasan yang bebas banjir dengan melakukan survei dan mencari informasi terlebih dahulu. Namun satu fakta yang harus diketahui adalah jika memilih untuk menyewa kontrakan di area atau kawasan banjir, biasanya harga sewa yang diberikan jauh lebih terjangkau.

6. Lakukan Survei

Setelah mengetahui kontrakan yang diincar, maka setelah itu lakukan survei terlebih dahulu. Survei ini membantu anda untuk mengetahui kondisi real dari kontrakan yang ingin ditempati. Apalagi jika Anda mencari kontrakan lewat sosial media ataupun platform tertentu.

Anda bisa langsung mendatangi kontrakan dan menggali informasi lewat pemilik kontrakan. Setelah itu bisa juga langsung bernegosiasi dengan harga yang ditawarkan pemilik kontrakan.

Jika tidak ingin repot untuk memilih mencari kontrakan yang tepat, bisa juga memanfaatkan situs properti terkemuka di Indonesia dari Rumah.com. Situs ini menyediakan banyak pilihan kontrakan bagi Anda perantau, pasangan suami istri ataupun keluarga yang ingin menyewa rumah.

Terdapat banyak pilihan tipe rumah yang bisa disesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki. Selain tipe rumah, Anda juga bisa mengontrak tipe apartemen mewah untuk kenyamanan tempat tinggal. Di situs ini terdapat pula banyak pilihan properti yang bisa diperjualbelikan. Sangat tepat dikunjungi bagi Anda yang mulai ingin berinvestasi lewat properti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *