Rekomendasi Oleh Oleh Khas Surabaya yang Cocok untuk Semua Usia, Mana Favoritmu?

Saat berkunjung atau berwisata ke Surabaya, tak afdol kalau tidak membawa sejumlah oleh oleh khas Surabaya yang makin populer. Surabaya memiliki banyak kuliner populer yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas dan tidak ada di kota lain.

Selain harganya yang terjangkau, sejumlah oleh-oleh khas Surabaya yang populer ini tak pernah ditinggalkan oleh wisatawan karena memiliki citarasa melekat. Beberapa kuliner populer yang pas untuk dijadikan oleh-oleh khas Surabaya ini bisa kamu dapatkan di beberapa outlet khusus pusat oleh-oleh.

1. Lapis Kukus Pahlawan

Makanan yang meletakkan ikon suro dan boyo pada packaging-nya ini sudah terkenal. Lapis kukus Pahlawan saat ini sudah punya banyak varian rasa mulai original, martabak manis, pandan, stroberi, hingga brownies.

Jadi, kamu bisa menyesuaikan selera keluarga yang akan dibawakan oleh oleh khas Surabaya.  Satu kotak Lapis Kukus Pahlawan ini harganya mulai Rp30.000 aja lho, dijamin tak akan bikin kantong bolong.

Apabila Anda tertarik untuk mencicipi kelezatan, Lapis Kukus Pahlawan Surabaya, Anda bisa langsung mengunjungi gerai atau store Lapis Kukus Pahlawan Surabaya yang tersebar di wilayah Kutai, Genteng Besar, Island Dharmahusada, Sidoarjo, Gubeng, Pasar Turi, atau Diponegoro.

Selain bisa dibeli dengan datang ke outlet-outlet resminya, pemesanan kue Lapis Kukus Pahlawan Surabaya juga bisa dilakukan dengan cara menghubungi Call Center Lapis Kukus Pahlawan Surabaya untuk delivery order ke nomor telepon 1500058. Lapis Kukus Pahlawan Surabaya melayani delivery order atau pesan antar setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 07.00 WIB hingga jam 21.00 WIB.

Pembelian melalui layanan delivery order Pahlawan Prima bisa dilakukan tanpa minimal order. Akan tetapi pemesanan Pahlawan Prima hanya bisa melalui Call Center 1500 058, tidak boleh melalui Kasir Store/FL maupun direct di tempat ke Sales Motoris. Jadwal pemesanan sebaiknya dilakukan mulai H-1.

2. Kue Bikang

Kue Bikang atau carabikang merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan bentuk bunga yang merekah beraneka warna. Kue Bikang menjadi jajanan pasar khas Surabaya yang biasa disantap di pagi atau sore hari.

Salah satu penjual kue bikang yang terkenal adalah Kue Bikang Peneleh yang berada di Jl Peneleh No.32-34, Peneleh, Kec. Genteng, Surabaya. Kue Bikang juga banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional di Surabaya.

3. Kue Tok

Kue Tok atau Kue Ku merupakan kue tradisional yang dipengaruhi oleh kuliner Tionghoa. Kue ini biasanya berwarna merah dengan bentuk oval menyerupai cangkang kura-kura. Kini banyak Kue Tok dengan berbagai bentuk seperti bentuk buah.

Kulit Kue Tok terbuat dari tepung ketan sedangkan isinya biasnaya berupa kacang hijau atau ubu yang dicampur dengan gula. Kue Tok memiliki tekstur yang kenyal dan manis.

4. Kompyang

Kompia atau kompyang berbentuk bulat seperti roti penutup pada burger dan ditaburi biji wijen di atasnya. Kompyang terbuat dari bahan-bahan yang sederhana yaitu tepung terigu, gula, garam, dan air.

Tekstur dari kompyang sendiri keras, bahkan disebut-sebut lebih keras dari roti gambang. Karena teksturnya yang keras, maka kompyang ini cocok dimakan dengan teh hangat, susu, atau kopi.

5. Getas

Getas ketan merupakan cemilan khas daerah Surabaya, Jawa Timur dan biasanya mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional. Getas biasanya berbentuk lonjong dengan rasa gurih dan manis. Teksturnya hampir mirip dengan gemblong. Bedanya, getas ketan terbuat dari ketan hitam, sedangkan gemblong dari ketan putih. Keduanya sama-sama diselimuti oleh gula.

6. Lentho

Lentho terbuat dari kacang tolo atau kacang hijau. Di Surabaya, Lentho berukuran kecil sendiri selalu dijadikan sebagai salah satu racikan dari lontong balap. Bentuk lentho bulat memanjang menyerupai bentuk perkedel.

Namun, ada pula lentho yang berukuran besar. Lentho besar ini biasanya dijual di warung-warung dilengkapi dengan sambal petis atau dengan cabai. Bahkan, Lentho bisa digunakan sebagai lauk seperti halnya tempe.

7. Bubur Madura

Bubur Madura terdiri dari bubur sum-sum, mutiara, cenil, dan ketan hitam. Biasanya disajikan di atas daun pisang. Meskipun bernamakan Bubur Madura, tetapi bubur ini banyak dijumpai di Surabaya.

Semua bahan yang dicampur ini disiram dengan santan dan gula merah cair. Bubur ini memiliki cita rasa manis, gurih, dan kenyal.

8. Cakue Peneleh

Cakue merupakan salah satu jajanan yang banyak ditemui di Indonesia. Di Surabaya, ada salah satu cakue legendaris bernama cakue Peneleh. Yang membedakan Cakue Peneleh dengan cakue lain adalah adanya isiannya pada cakue ini.

Cakue Peneleh bisa berisi cacahan ayam, daging, hingga udang. Cacahan daging ayam ataupun udang dimasukkan ke dalam belahan cakue kemudian digoreng sampai kering dan renyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *