Mengenal Investasi Bisnis: Definisi, Contoh, dan Keuntungannya

Modal investasi adalah salah satu cara untuk meraih keuntungan yang nyata. Siapa saja bisa mengandalkannya selama tahu bagaimana cara berinvestasi yang baik. Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang modal investasi, di sini akan dijelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan modal investasi.

Apa yang Dimaksud dengan Modal investasi? 

Modal investasi adalah aktivitas investasi menggunakan dana yang dimiliki untuk membeli suatu aset atau membangun aset dalam jangka panjang demi meraih keuntungan. Dikenal juga dengan sebutan capital investment.

Modal investasi adalah aktivitas yang bisa juga berhubungan dengan investor yang memberikan sejumlah dana pada suatu usaha agar bisa mengembangkan bisnisnya. Investor lalu akan menerima pengembalian dari usaha tersebut.

Apa Contoh Modal Investasi? 

Ada 3 contoh modal investasi yang biasanya dilakukan investor. Ini penjelasannya.

1. Melakukan modal investasi dengan menanamkan uang

Investor yang seorang individu, perusahaan, atau lembaga bisa menyalurkan modal yang mereka miliki untuk meminjamkan uang pada suatu usaha. Uang tersebut nanti digunakan untuk mengembangkan bisnis. Modal yang ditanamkan biasanya berjumlah besar untuk keuntungan dalam jangka panjang.

Perusahaan yang menerima modal harus melakukan pengembalian berdasarkan perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya. Misalnya, perusahaan akan melakukan pengembalian pokok dan keuntungan 15% per bulannya.

2. Melakukan modal investasi dengan membeli aset

Contoh modal investasi lainnya adalah hadir untuk menyediakan aset-aset yang bisa dimanfaatkan usaha dalam jangka panjang seperti menyediakan pabrik untuk produksi, mesin-mesin, dan lainnya. Investasi ini perlu dilakukan bisnis agar jumlah produksinya meningkat. Dampaknya adalah pada laba yang bisa ikut meningkat.

Aset yang dipesan itu, dipilih yang berkualitas agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Namun, tentunya perawatan akan tetap dilakukan untuk menjaga asetnya.

3. Melakukan investasi yang menguntungkan dengan modal kecil

Ada lagi investasi yang dipilih oleh investor ritel, yaitu investor yang berinvestasi dalam modal kecil. Ini dia beberapa pilihan investasi yang bisa Anda pilih.

  • Reksa dana

Investasi reksa dana adalah jenis investasi yang terjadi ketika modal yang berasal dari masyarakat dikumpulkan, lalu ditanamkan ke berbagai efek yang tersedia di bursa efek. Dari sana Anda bisa mendapatkan efek yang terbaik karena pemilihan dan pengelolaannya dilaksanakan oleh manajer investasi.

Reksa dana sangat mungkin dilakukan dari modal yang minim. Anda juga tidak perlu menganalisis investasinya karena hal itu sudah dilakukan oleh manajer investasi.

  • Saham

Investasi saham adalah jenis investasi yang mengharuskan Anda membeli surat berharga yang ditawarkan oleh suatu emiten. Pembelian itu akan mendatangkan keuntungan pada Anda ketika nilai sahamnya naik.

Saham juga saat ini sangat mungkin dimulai dari modal yang cenderung kecil. Beberapa platform legal khusus saham memperbolehkannya. Namun, jika mau memperoleh keuntungan besar, Anda perlu rutin membeli saham.

  • Emas 

Investasi emas merupakan jenis investasi yang tidak kalah menguntungkan lainnya. Caranya dengan membeli emas, menyimpannya, kemudian dijual kembali ketika harga emas tersebut mengalami kenaikan.

Emas adalah barang mewah yang saat ini mudah ditemukan. Anda bisa membelinya dari modal yang minim, yaitu menabung emas.

Menabung emas adalah sistem pembelian emas yang dilakukan dengan cicilan. Anda bisa menabung emas lewat aplikasi yang menyediakan hal itu. Sudah banyak aplikasi menabung emas legal yang tersedia untuk masyarakat luas.

  • P2P lending

Satu lagi jenis instrumen yang bisa mengantarkan Anda meraih keuntungan. Di P2P lending, Anda menyalurkan dana untuk UMKM yang membutuhkannya. Nanti pihak UMKM akan mengembalikan pinjaman ditambah dengan bunga yang dibebankan padanya.

P2P lending Amartha bisa menjadi jawaban mendanai UMKM secara aman yang Anda cari. Hal ini terbukti dengan legalitas dari OJK yang telah diperoleh Amartha. Anda boleh menyetorkan modal puluhan ribu saja dan keuntungannya adalah 15% dalam per tahun.

Untuk menjadi investor di Amartha ternyata ada syaratnya. Anda harus mengetahui syaratnya terlebih dahulu sebelum menjadi investor di platform ini. Syaratnya cukup mudah. Pertama, Anda harus memiliki rekening di bank. Kedua, Anda wajib memiliki akun di Amartha. Artinya, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasinya. Jika Anda telah berhasil mendaftar sebagai investor di Amartha, Anda bisa mulai melakukan pendanaan dengan nilai minimum Rp 3 juta untuk investor perorangan.

Amartha memberlakukan syarat yang begitu mudah, ‘kan? Oleh karena itu, ini merupakan kesempatan bagi siapa saja yang ingin berinvestasi.

Apa Tujuan Menanamkan Modal dalam Investasi?

Tujuan investasi adalah hal-hal yang menjadi patokan pencapaian Anda ketika memutuskan untuk berinvestasi. Ini penjelasannya.

1. Untuk meraih keuntungan nyata

Tujuan modal investasi adalah untuk memperoleh keuntungan secara nyata. Keuntungan itu besarannya bisa Anda targetkan sendiri, tapi harus dengan perhitungan wajar atau logis.

Ketika Anda menemukan investasi yang menawarkan keuntungan tidak logis alias terlalu berlebihan sebaiknya ditinggalkan saja karena biasanya terindikasi penipuan.

2. Untuk menambah penghasilan

Hasil investasi juga bisa digunakan untuk menambah penghasilan. Caranya pun tidak begitu melelahkan jika dibandingkan harus menambah jam kerja untuk memperoleh penghasilan yang lebih.

Tambahan penghasilan dari investasi juga bisa Anda dapatkan secara rutin. Hal ini terjadi ketika Anda menemukan jenis investasi yang bagus.

3. Untuk membuat hidup lebih berkualitas

Hidup Anda jadi lebih berkualitas ketika penghasilan Anda bertambah. Anda jadi bisa memenuhi kebutuhan, ditambah dengan keinginan. Anda juga jadi tidak perlu lagi memikirkan utang.

4. Untuk mempersiapkan dana pensiun

Tujuan modal investasi adalah bisa untuk dana pensiun. Masa pensiun Anda tentunya tidak produktif seperti dulu. Untuk bisa mengatur pemasukan agar tetap ada, Anda bisa mengandalkannya dengan investasi yang dilakukan dari waktu masih muda.

Bentuk-bentuk Investasi 

Modal investasi adalah investasi yang punya 2 bentuk yang berbeda. Ini adalah penjelasannya.

1. Investasi aset riil

Investasi ini dilakukan oleh investor yang menanamkan modalnya atau membeli aset yang dapat dilihat atau keberadaannya nyata.

Biasanya berupa barang mewah atau barang yang bersifat produktif seperti emas, bangunan, tanah, dan lainnya.

Dinamakan barang produktif karena nilainya berpotensi naik dari tahun ke tahun. Walaupun waktu telah berlalu, nilai barang itu jarang mengalami penyusutan.

2. Investasi aset finansial

Atau disebut juga dengan investasi uang merupakan jenis investasi yang dilakukan pada aset-aset yang mudah dicairkan menjadi uang atau dalam bentuk uang.

Contoh investasi dari aset finansial adalah saham, reksa dana, deposito, dan lainnya. Biasanya pencairan mudah, tapi deposito harus menunggu sama masa tenor berakhir dulu baru bisa mendapatkan pengembalian dana yang ditambah dengan bunga.

Jenis- jenis Investasi Berdasarkan Jangka Waktu

Pada umumnya, jenis investasi menurut jangka waktu itu ada 2. Ini dia penjelasannya.

1. Investasi jangka panjang

Merupakan jenis penyaluran modal pada suatu instrumen atau aset yang berlangsung lama, yaitu minimal 5 tahun atau bisa lebih dari 10 tahun.

Tujuannya adalah agar investor bisa mengambil hasil investasi di masa depan seperti untuk dana pensiun, untuk dana pendidikan, dan lainnya. Ketika Anda memilih instrumen investasi yang bagus, keuntungannya bisa cukup besar. Contoh investasinya adalah investasi saham, properti, dan emas. 

2. Investasi jangka pendek

Merupakan jenis penyaluran modal pada suatu instrumen yang imbal hasilnya diambil dalam waktu 1 tahun atau bisa juga maksimal 3 tahun. Investasi ini cocok dipilih Anda yang ingin mengambil keuntungan dalam waktu cepat.

Contoh dari investasi ini adalah deposito, reksa dana pasar uang, trading saham, P2P lending, dan lainnya.

Kesimpulan

Modal investasi adalah kegiatan menguntungkan yang perlu dilakukan secara perhitungan. Anda juga bisa memilih instrumen yang paling Anda pahami dan paling mudah dilakukan agar Anda lancar melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *