Festival Danau Limboto dan 5 Destinasi Wisata Gorontalo

Mengunjungi Gorontalo yang cenderung panas, akan terasa segar begitu sampai di Danau Limboto. Yup, danau yang memiliki luas 2500 ha dan kedalaman 2-8 meter ini memang seakan menjadi oase yang selalu menyejukkan Gorontalo. Selain danaunya yang indah, pesona alam disekitarnya yang luar biasa akan membuatmu susah beranjak dari tempat tersebut.

Apalagi jika Festival Pesona Danau Limboto sedang berlangsung. Dijamin kamu akan semakin betah disini. Ingin tahu kapan dan bagaimana festival berlangsung? Ingin tahu juga destinasi wisata favorit lainnya di Gorontalo? Yuk cari tahu di bawah ini.

Serba Serbi Festival Pesona Danau Limboto

Festival Pesona Danau Limboto diadakan pada tanggal 21-26 November 2022. Festival ini diadakan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam mendorong pengembangan sektor pariwisata salah satunya melalui penyelenggaraan event “Festival Pesona Danau Limboto” yang merupakan event unggulan yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Tujuan diadakannya event ini antara lain sebagai ajang promosi Danau Limboto, adat, kearifan lokal, ragam kuliner, budaya, seni juga sebagai aset sumber daya geologi (Geosite dan Geopark) Gorontalo yang memiliki Potensi Wisata yang kaya akan keragaman hayati.

Yang Asyik di Festival Pesona Danau Limboto

Pastinya jika kamu menghadiri  Festival Pesona Danau Limboto kamu akan menjumpai beragam acara menarik, seperti lomba perahu dayung,  Lomba Layang-layang atau Alanggaya Bulia, Senam Pelajar Masal, Parade Karnaval Budaya, Workshop Anak Peduli Danau Limboto, Geopark Meeting dan Fun Run.

Bagi kamu yang suka berburu kuliner tradisional. Hadirnya stand kuliner ikan khas Limboto dan Gorontalo juga akan semakin melengkapi keseruan festival ini.

5 Destinasi Wisata Terfavorit di Gorontalo

1.   Taman Laut Olele

Taman Laut Olele ini bisa anda kunjungi di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Keindahan wisata ini bisa Anda rasakan ketika menyelam ke dasar laut.

Pemandangan bawah lautnya sungguh menakjubkan dan mempunyai kekhasan tersendiri dibandingkan dengan beberapa wisata serupa di Sulawesi. Biota laut yang beragam, terumbu karang yang besar, dan ikan-ikan langka yang hanya bisa Anda temukan disini.

Untuk mencapai tempat ini bisa ditempuh dengan kendaraan darat sekitar 20 menit dari pusat Kota Gorontalo. Akses yang mudah membuat wisata ini sangat dikenal masyarakat sekitar Gorontalo dan menjadi primadona wisata bahari di pantai selatan. Jangan pernah melewatkan wisata ini jika Anda sedang berada di Gorontalo.

2.   Wisata Hiu Paus, Botubarani

Wisata ini terletak di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Gorontalo. Wisata ini terbilang cukup ekstrim karena pengunjung diperbolehkan berinteraksi dengan mamalia air yang sangat besar ini.

Pemerintah setempat sempat menutup kawasan wisata ini untuk memberikan aturan dan penyuluhan kepada pengelola kawasan ini agar tetap terjaga kebersihan serta keamanan pengunjungnya.

Wisata ini memungkinkan para pengunjung untuk dapat melihat dari dekat hiu paus tutul yang terdapat di laut ini. Sebelum diberlakukan aturan pemerintah, wisata ini memperbolehkan pengunjung untuk menyelam dan menyentuh langsung hiu paus serta berfoto. Karena alasan untuk keselamatan hiu paus dan pengunjungnya, maka pengunjung hanya diperbolehkan untuk melihat hewan ini dari perahu pengunjung yang disediakan pengelola saja.

3.   Danau Limboto

Danau Limboto terletak di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Danau Limboto merupakan danau besar sebagai muara dari sungai-sungai yang ada di Gorontalo.

Luasnya sekitar 5.000 hektar dan dipenuhi oleh tumbuhan air seperti eceng gondok dan bunga teratai. Bagi para pemburu sunset bisa menyempatkan berfoto di danau ini.

Wisata ini sudah banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar Gorontalo. Akses untuk menuju tempat ini mudah karena dapat ditempuh mobil atau motor. Bila ingin menghabiskan sore di danau ini bisa sekalian merasakan makanan khas yang dijajakan di sekitaran danau. Warga setempat menyajikan makanan hasil tangkapan sendiri di danau tersebut seperti ikan mujair, gabus dan nila yang masih segar.

4.   Air Terjun Ayuhulalo

Air terjun Ayuhulalo terletak di Desa Ayuhulalo, Kabupaten Boalemo. Wisata ini menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Boalemo. Banyak warga lokal dan dari sekitaran Kabupaten Boalemo berkunjung ke air terjun ini.

Lokasi wisata ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Tilamuta. Berkendara selama 20 menit menggunakan motor bisa langsung sampai ke lokasi.

Aliran air terjun ini tidak terlalu deras seperti kebanyakan air terjun. Walaupun begitu, Anda masih bisa menikmati udara sejuk dan air gunung yang masih alami dan menyegarkan. Ditambah suasana alam sekitar yang dikelilingi pepohonan rindang semakin membuat Anda betah berlama-lama di lokasi ini.

5.   Pantai Botutonuo

Pantai Botutonuo yang terletak di Desa Botutonuo ini menyimpan keindahan alam yang mempesona. Daratan pasir putih dan birunya laut menjadi favorit masyarakat di Desa Botutonuo dan luar desa.

Banyak masyarakat yang memanfaatkan wisata ini untuk mengisi waktu liburan. Selain, tempatnya indah, juga telah didukung fasilitas yang cukup memadai seperti tempat pemandian, tempat makan, dan tempat peristirahatan.

Kurang afdol rasanya apabila tinggal di wilayah kepulauan seperti Gorontalo tapi jarang berwisata alam. Bagi kamu yang sedang berada di Gorontalo, tidak ada salahnya mencoba pantai ini.

Berwisata ke Gorontalo sambil menikmati festival wisata danau Limboto memang seru. Tapi, tentunya masih banyak keseruan event festival lainnya di Indonesia. Kamu bahkan  bisa memilih beberapa event wisata seru seperti  event musical, budaya, kuliner, olahraga,seni dan karnaval. Jangan sampai ketinggalan ya! Cek jadwalnya di website Karisma Event Nusatara sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *