Ini Beberapa Metode Pembayaran Klaim Asuransi Allianz Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang paling banyak diminati di Indonesia. Ini sesuai dengan manfaat yang bisa diberikan yang dirasa sangat penting untuk semua orang. Dengan adanya asuransi kesehatan, saat sakit, seseorang tak perlu memikirkan masalah biaya karena sudah ada pihak yang menyediakannya sesuai dengan plan atau polis yang disepakati sebelumnya. Allianz Indonesia memiliki beberapa produk asuransi kesehatan. Dari semua produk asuransi kesehatan tersebut, ada beberapa metode pembayaran klaim asuransi Allianz yang bisa dilakukan. Metode yang digunakan sesuai dengan perawatan yang dilakukan oleh pemilik asuransi serta sesuai dengan jenis asuransi yang dimiliki oleh pemiliknya. Yuk kenali metode pembayarannya agar tidak salah saat akan menggunakannya.

Dalam dunia asuransi kesehatan, dikenal metode pembayaran klaim secara cashless, cash plan dan reimbursement. Ketiganya memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Seseorang yang memiliki asuransi kesehatan misalnya, bisa mendapatkan metode cashless saat melakukan perawatan namun bisa juga mendapatkan metode reimbursement meski memiliki produk asuransi yang sama. Agar tak salah dan lebih mengerti perbedaannya dan bagaimana metode pembayaran yang akan Anda dapatkan, berikut ini penjelasan yang lebih detail:

1. Cashless.

Metode pembayaran cashless merupakan metode pembayaran klaim tanpa Anda perlu mengajukan klaim. Caranya hanya dengan menunjukkan e-card atau kartu anggota asuransi ke rumah sakit tempat Anda melakukan pengobatan. Pastikan Anda melakukan pengobatan di rumah sakit jaringan Allianz untuk bisa mendapatkan metode klaim cashless ini. Dengan sistem cashless Anda tak perlu membayar apapun di muka atau ketika akan meninggalkan rumah sakit. Semua pengobatan dan perawatan akan dibayarkan oleh Allianz Indonesia asalkan sesuai dengan limit dan sesuai dengan plan yang tertera pada polis asuransi.

2. Reimbursement.

Metode pembayaran klaim asuransi Allianz ini mengharuskan Anda melakukan klaim setelah keluar dari rumah sakit. Anda juga harus melakukan pembayaran terlebih dahulu ke pihak rumah sakit sebelum Allianz melakukan penggantian pada Anda. metode pembayaran ini menjadi opsi pembayaran klaim karena Anda menggunakan rumah sakit atau tempat pengobatan yang belum bekerja sama dengan Allianz. Agar tidak ada kesalahan saat melakukan klaim, simpan semua kwitansi pembayaran sesuai dengan jumlah yang Anda keluarkan. Simpan juga bukti pemeriksaan, hasil lab, hasil rontgen, copy resep dan lainnya agar nantinya bisa dilampirkan pada saat melakukan proses klaim.

3. Cash plan.

Metode pembayaran ini juga membutuhkan proses klaim karena merupakan asuransi kesehatan santunan rawat inap. Allianz akan memberikan santunan sesuai dengan jumlah hari Anda menerima perawatan inap di rumah sakit. Nominalnya sesuai dengan plan yang dipilih. Anda bisa melakukan klaim setelah pulang dari rumah sakit dengan menyertakan bukti rawat inap. Asalkan limit masih mencukupi, Anda akan menerima dana sesuai dengan jumlah klaim yang dilakukan.

Itulah metode pembayaran klaim asuransi Allianz yang perlu Anda ketahui dengan jelas sebelum membeli asuransi kesehatan. Semua metode tersebut resmi dan bisa diberlakukan kepada Anda dan nasabah lainnya sesuai dengan kebijakan polis asuransi. Agar Anda tidak perlu melakukan klaim total tagihan, sebaiknya memeriksakan diri langsung ke rumah sakit yang bekerja sama dengan Allianz. Namun jika dalam kondisi darurat, Anda bisa menggunakan tabungan darurat untuk membayar tagihan rumah sakit terlebih dahulu kemudian melakukan klaim untuk mengganti tabungan darurat yang digunakan. Pilih asuransi kesehatan Allianz yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan miliki jaminan finansial di saat sakit datang.

Leave a Comment